July 12, 2024

PDTII

Perkumpulan Dosen Tarbiyah Islam Indonesia

Selamat dan Sukses Pengrus PDTII menjadi Pengurus Arjunu

2 min read

YOGYAKARTA– Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melantik pengurus baru Asosiasi Relawan dan Pengelola Jurnal Nahdlatul Ulama (Arjunu) periode 2024-2029. Sebanyak 44 pengurus yang merupakan akademisi sekaligus peneliti dari seluruh Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama di Indonesia.

Ketua LPTNU PBNU, Prof. Ainun Na’im, Ph.D., mengungkapkan, pelantikan ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang LPTNU PBNU untuk meningkatkan kualitas dan reputasi jurnal-jurnal ilmiah yang dikelola oleh Nahdlatul Ulama. Arjunu berperan penting dalam memperkuat kontribusi Nahdlatul Ulama di dunia akademik.

“Kita berada di era informasi dan pengetahuan yang berkembang sangat cepat. Untuk itu, kualitas jurnal yang kita terbitkan harus mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Arjunu diharapkan menjadi penggerak utama dalam upaya meningkatkan standar penerbitan jurnal kita,” ujarnya saat menghadiri acara Pelantikan dan Rapat Kerja Arjunu di Hall Lantai 5 Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Kamis (20/6).

Prof. Ainun juga menekankan peningkatan kualitas jurnal bukan hanya tentang meningkatkan konten ilmiah, tapi juga tentang meningkatkan tata kelola dan distribusi jurnal. Menurutnya, keberhasilan ini akan tercapai melalui berbagai inisiatif, termasuk pelatihan, pendampingan, dan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Kami berencana untuk mengimplementasikan sistem open access dan memperluas kerja sama dengan database internasional. Hal ini akan membuat jurnal-jurnal kita lebih mudah diakses oleh komunitas ilmiah global, sehingga dapat meningkatkan visibilitas dan sitasi,” tambahnya.

Dengan terbentuknya kepengurusan Arjunu yang baru, LPTNU PBNU berharap dapat mendorong peningkatan kualitas jurnal secara signifikan dan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Inisiatif ini diharapkan tidak hanya akan mengangkat nama Nahdlatul Ulama di kancah akademik nasional dan internasional, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan dan penelitian di tanah air.

Ketua terpilih Arjunu, Dr. Fifi Khoirul Fitriyah, M.Pd., menyampaikan optimismenya terhadap masa depan Arjunu dan jurnal-jurnal yang dikelolanya. Dirinya percaya bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan kerja sama yang baik, bisa mencapai standar internasional dalam penerbitan jurnal ilmiah. Ini adalah langkah awal menuju perubahan besar yang akan membawa manfaat bagi seluruh masyarakat ilmiah di Indonesia.

“Upaya ini juga mendapat dukungan penuh dari berbagai kalangan, termasuk akademisi, peneliti, dan mahasiswa. Kami berharap Arjunu dapat menjadi bagian peningkatan kualitas jurnal ilmiah di Indonesia dan membuka lebih banyak peluang untuk publikasi penelitian berkualitas tinggi,” ungkapnya.

Please follow and like us:
Pin Share

Leave a Reply

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
RSS
Follow by Email