July 12, 2024

PDTII

Perkumpulan Dosen Tarbiyah Islam Indonesia

AI Dan Riset: Meningkatkan Kualitas Untuk Publikasi Jurnal Ilmiah Bereputasi

2 min read

Pada hari Selasa, 11 Juni 2024 Jurusan PGMI berkolaborasi dengan PDTII kembali menggelar Webinar Sesi #2 tahun 2024 dengan mengusung tema tentang AI dan Riset. Webinar ini menghadirkan narasumber Bapak Dr. Muhammad Anas Ma’arif, M.Pd IKatua PDTII dan Dosen Universitas Kh Abdul Chalim Mojokerto. Beliau, selain sebagai dosen, juga sebagai Editor in Chief Jurnal Nazhruna. Jurnal Nazhruna sendiri merupakan salah satu jurnal terindeks scopus terhitung mulai tahun 2023. Selama memaparkan materi, narasumber didampingi oleh Moderator Bapak Dr. H. Juhji, M.Pd. Pa Juhji sendiri merupakan Editor di Jurnal Tarbawi yang saat ini tengah mengajukan akreditasi ke Scopus.

Kegiatan webinar diawali dengan sambutan dari Ketua Jurusan PGMI, Bapak Khaeroni, M.Si. Dalam sambutannya, Pa Onny (demikian beliau akrab disapa), menyampaikan bahwa webinar ini sedianya adalah pamungkas atau “enhancement dari matakuliah Academic Writing untuk memperkaya pengetahuan dan menjaga penulis agar tidak keluar dari kode etik dunia penulisan karya ilmiah”. Selanjutnya, Bapak Prof. Mufti Ali, M.A, Ph.D sebagai Plh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam sejarah dunia kepenulisan, kekuatan besar yang dimiliki oleh penulis adalah daya ingat dan daya analisis penulis. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, sedianya “AI tidak menggantikan tingkat intelektualitas penulis itu sendiri”, demikian pungkasnya. Kegiatan kemudian dibuka secara resmi dengan membacakan Surat Al-Fatihah.

Pemanfaatan AI dalam penulisan artikel dimulai dengan mengelola referensi seperti Zotero dan Mendeley dan mencari sumber-sumber artikel dengan baik seperti Google Scholar (https://scholar.google.com), DOAJ (https://doaj.org), Digital Library (seperti: http://digilib.uinsby.ac.id atau http://repository.ikhac.ac.id), Sumber asli jurnal (seperti: http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA), Sinta Ristekbrin (https://sinta.ristekbrin.go.id/journals), Perpusnas (https://e-resources.perpusnas.go.id),
Google Book (https://books.google.co.id), atau Jurnal berbayar seperti Scopus.com, Tanfondline, Springer, Emerald, dan lainnya.

Selain itu, penulisan artikel juga setidaknya mematuhi etika penulisan seperti: Hak dan Privasi Subjek riset (informan), Transparansi dan Keterbukaan, Integritas Penelitian (Kejujuran memberikan data), Kolaborasi dan Kredit Penelitian: Memberikan pengakuan yang layak kepada semua kontributor dalam penelitian, dan Menghargai dan menghormati hak cipta dan kontribusi masing-masing peneliti.
Video Youtube

Please follow and like us:
Pin Share

Leave a Reply

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
RSS
Follow by Email